Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Arah dan Pola Langkah Pencak Silat

gibung.my.id - Teknik Arah dan Pola Langkah Pencak Silat - Bagi para pecinta olahraga bela diri pencak silat kali ini admin akan membahas teknik dasar pencak silat. 

Dalam Tekhnik Pencat silat terdapat beberapa gerakan yang perlu dikuasai oleh seorang pesilat. Secara umum, ada 9 aspek teknik dasar pencak silat yang harus dipahami oleh siapapun yang hendak menekuni seni beladiri ini. 

Teknik Arah dan Pola Langkah Pencak Silat
Teknik Arah dan Pola Langkah Pencak Silat

Aspek-aspek tersebut antara lain: Kuda-kuda, Sikap Pasang, Arah, Pola Langkah, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Guntingan dan Kuncian.

Pada kesempatan hari ini admin akan membahas tentang teknik arah dan pola langkah pencak silat

Teknik Arah dan Pola Langkah Pencak Silat

Arah Pencak Silat

Selain kuda-kuda dan sikap pasang, pemahaman tentang arah juga sangat penting. Hal ini berhubungan kemana pesilat akan melangkah ketika dalam posisi menyerang atau bertahan.

Dalam dunia persilatan arah dikenal dengan depalan penjuru mata angin. Dan cara melatihnya adalah dengan menggeser kuda-kuda dan sikap pasang sesuai gambar mata angin yang ada.

ARAH dan pola langkah pencak silat


Pola Langkah Pencak Silat

Nah ini dia teknik dasar yang menjadi ciri khas pencak silat. Pola langkah atau penggunaan langkah ialah perubahan injakan kaki dari sudut tempat ke tempat yang lain. pola langkah dalam pencak silat berfungsi sebagai dasar tumpuan dalam pencak silat.

Intinya pencak silat itu adalah gabungan dari kekokohan kuda-kuda yang dikombinasikan dengan fleksibel atau luwesnya pergerakan langkah dan disempurkanan dengan pemahaman arah yang benar.

Kalau pesilat sudah mengusai hal itu, serangannya akan sulit dibaca dan pertahanannya akan sulit ditembus oleh lawan.

Berbicara mengenai pola langkah, ada 6 jenis yang sudah dikenal dan digunakan dalam banyak perguruan pencak silat, antara lain:

1. Pola langkah lurus

Merupakan gerak langkah yang membentuk garis lurus, baik langkah maju maupun langkah mundur, yang mana pelaksanaanya dimulai dari salah satu kuda-kuda (kuda-kuda tengah).

Pola langkah lurus


2. Pola langkah zig-zag 

Merupakan gerak langkah yang membentuk mata gergaji atau pola zig-zag, yang mana pelaksanaanya dimulai dari sikap pasang dengan pola langkah serong. pola langkah zig zag disebut juga dengan Langkah juga gergaji, baik gerakan maju atau pun mundur. Langkah ini biasanya diawali dengan gerakan pasang yang menggunakan pola serong

Pola langkah zig zag


3. Pola langkah segi tiga

Pelaksanaanya berdiri di titik 0, geser kaki kanan ke titik 1, ikuti kaki kiri ke titik 2, lanjutkan ke titik 3, lanjutkan juga ke titik 4 dan 5 ( berat badan di titik 5) tarik kaki kanan ke titik 6, kaki kanan ke titik 7 dengan kuda-kuda depan, tarik kaki kanan keposisi awal.

 Pola langkah segitiga


4. Pola langkah segi 4

Pelaksanaanya bisa memakai kombinasi kuda-kuda tengah, samping, dan belakang.

Pola langkah segiempat

5. Pola langkah huruf U

Pelaksanaanya dimulai dari sikap awal tegak, gerakkan kaki kesamping kanan, di ikuti kaki kiri menutup (merapat), kemudian kaki kiri maju , kaki ditarik kembali dan merapat kemuadian di gerakan samping kiri. Kaki kanan ditarik di rapatkan , kemudian dilangkahkan ke depan ,dan kaki kanan ditarik kembali merapat seperti sikap awal.

Pola langkah U


6. Pola langkah huruf S

Berdiri dengan posisi titik menghadap sesuai dengan arah yang di tunjukan , geser kaki kanan ke arah berat badan ke di kaki kanan, ikuti kaki kiri, kaki kiri ke titik 3 berat badan di kaki kiri selanjutnya cabut kaki kanan lewati kaki kiri sampai di titik 4, kaki kanan yang dititik 4 di titik 5 putar di tempat, sementara kaki kiri yang ada di titik 3 injit, gugus kaki kiri lewat tandan panah dengan jalur titik 6 sampai di titik.

Pola langkah S


Kesimpulan: mungkin ini saja yang dapat admin sampaikan dalam artikel yang berjudul teknik dasar arah dan pola langkah bela diri pencak silat. Untuk pembahasan tentang materi pencak silat lainya akan dilanjutkan di artikel artikel berikutnya. terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Post a Comment for "Teknik Arah dan Pola Langkah Pencak Silat"