Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Teknik Pukulan dan Tendangan Pencak Silat

gibung.my.id - Teknik Pukulan dan Tendangan Pencak Silat - Bagi para pecinta olahraga beladiri pencak silat kali ini admin akan membahas teknik dasar pencak silat. 

Dalam Tekhnik Pencat silat terdapat beberapa gerakan yang perlu dikuasai oleh seorang pesilat. Secara umum, ada 9 aspek teknik dasar pencak silat yang harus dipahami oleh siapapun yang hendak menekuni seni beladiri ini.

Teknik Pukulan dan Tendangan Pencak Silat
Teknik Pukulan dan Tendangan Pencak Silat

Aspek-aspek tersebut antara lain: Kuda-kuda, Sikap Pasang, Arah, Pola Langkah, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Guntingan dan Kuncian.

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang teknik pukulan dan tendangan pencak silat

Teknik Pukulan dan Tendangan Pencak Silat

Pukulan Pencak Silat

Pukulan merupakan usaha yang dilakukan baik dalam menyerang atau bertahan dengan menggunakan lengan tangan. Dalam teknik dasar pencak silat ada empat jenis pukulan yang harus dikuasai, antara lain:

1. Pukulan Lurus

Sebuah pukulan yang dilakukan dengan fokus ke arah depan, sasarannya ialah dada lawan. Dan tangan yang lain ditekuk didepan dada kita dengan tujuan menutup arah point sebagai bentuk pertahanan. 


 2. Pukulan Tegak

Seperti halnya pukulan lurus, jenis pukulan ini mempunyai sasaran yaitu bahu. Biasanya pukulan ini dilakukan ketika pesilat saling berhadapan dalam kondisi bahu lawan yang terbuka. 


 

3. Pukulan Bandul

Jika memakai bahasa modern pukulan ini dikenal dengan uppercut, yakni satu mengayunkan tangan kearah ulu hati lawan. Dan tangan yang lain menutup celah serangan lawan di dada kita. 



4. Pukulan Melingkar

Mungkin pukulan jenis ini yang jarang digunakan pada beladiri pada umumnya. Seperti halnya pukulan bandul, hanya saja gerakan pukulan melingkar lebih melebar dengan target sasaran pinggang lawan.


 

Tendangan Pencak Silat

Ada banyak sekali ragam tendangan dalam pencak silat. Namun karena kita belajar teknik dasarnya, empat jenis inilah yang mungkin bisa dengan mudah untuk dipelajari.

1. Tendangan Lurus

Tendangan A. Tendangan lurus ke depan dengan menggunakan cocor kaki yang mengarah ke ulu hati lawan. 


2. Tendangan Sabit 

Tendangan C atau Sabit. Tendangan dari samping dengan menggunakan cocor atau pungggung kaki yang mengarah ke tulang rusuk lawan. 


 

3. Tendangan T

Tendangan T Tendagan samping dengan menggunakan pedang kaki (telapak kaki) atau tumit yang mengarah ke tulang rusuk atau dada lawan. Jika dilihat, tendangan ini sepintas membentuk huruf T. 


 4. Tendangan Melingkar

Tendangan Melingkar. Tendangan yang dilakukan dengan memutarkan kaki dengan hentakan yang memakai tumit. Sasaran tendangan ini biasanya dada dan punggung lawan tergantung dengan kondisi yang ada.


 

Kesimpulan: Mungkin ini saja yang dapat admin sampaikan dalam artikel yang berjudul teknik pukulan dan tendangan bela diri pencak silat. Untuk pembahasan tentang materi pencak silat lainya akan dilanjutkan di artikel artikel berikutnya. terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel berikutnya


Post a Comment for " 4 Teknik Pukulan dan Tendangan Pencak Silat"