Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Karate di Dunia

gibung.my.id - Sejarah Karate di Dunia - Bagi para pecinta olahraga beladiri karate kali ini admin akan membahas sejarah karate di dunia.

Sejarah Karate di Dunia
 

Sejarah Karate di Dunia

Menurut legenda, evolusi karate dimulai lebih dari ribuan tahun yang lalu, kemungkinan pada awal abad ke-5 SM ketika Bodhidharma tiba di kuil Shaolin, China dari India dan mengajarkan Zen Buddhisme. Dia juga memperkenalkan serangkaian latihan sistematis yang didesain untuk memperkuat pikiran dan tubuh, latihan-latihan yang disebut-sebut sebagai awal gaya tinju Shaolin.

Pelajaran yang diberikan Bodhidharma kemudian menjadi dasar mayoritas seni beladiri China. Sesungguhnya, asal karate tidak jelas dan sedikit yang diketahui mengenai awal pengembangan karate sampai ia diperlihatkan di Okinawa.

Seni beladiri karate dibawa masuk ke Jepang lewat Okinawa. Okinawa merupakan pulau kecil dari sekelompok pulau yang membentuk Jepang modern. Okinawa merupakan pulau utama dari untaian Pulau Ryuku yang membentang dari Jepang ke Taiwan.

Seni beladiri ini pertama kali disebut Tote yang berarti seperti Tangan China. Waktu karate masuk ke Jepang, nasionalisme Jepang pada saat itu sedang tinggi-tingginya, sehingga Sensei Gichin Funakoshi mengubah kanji Okinawa (Tote: Tangan China) dalam kanji Jepang menjadi karate (Tangan Kosong) agar lebih mudah diterima oleh masyarakat Jepang. Karena pada saat itu, Okinawa belum menjadi bagian Jepang.

Pada tahun 1923, Gichin Funakoshi untuk pertama kalinya memperagakan Te atau Okinawa-Te ini di Jepang. Berturut-turut kemudian pada tahun 1929 tokoh-tokoh seperti Kenwa Mabuni, Choyun Miyagi berdatangan dari Okinawa dan menyebarkan karate di Jepang.
Kenwa Mabuni menamakan alirannya Shitoryu
Choyun Miyagi menamakan alirannya Gojuryu
Gichin Funakoshi menamakan alirannya Shotokan
Masutatsu Oyama kemudian secara resmi juga mendirikan aliran Karate baru yang dinamakan Kyokushin pada tahun 1956.

Okinawa Te ini dipengaruhi oleh teknik beladiri yang berasal dari Cina, sehingga teknik seni beladiri yang ada di Jepang mengalami perubahan-perubahan dan kemudian berkembang menjadi karate seperti saat ini.

Berkat upaya dan kerja keras dari ahli seni beladiri, setelah perang dunia kedua karate mengalami perkembangan pesat dan menjadi olahraga seni bela diri yang paling populer di dunia dan juga di seluruh Indonesia.

Di negara Jepang, organisasi yang mewadahi olahraga karate seluruh Jepang adalah JKF. Adapun organisasi yang mewadahi karate seluruh dunia adalah WKF (dulu dikenal dengan nama WUKO – World Union of Karatedo Organizations). Ada pula ITKF (International Traditional Karate Federation) yang mewadahi karate tradisional.

Adapun fungsi dari JKF dan WKF adalah terutama untuk meneguhkan karate yang bersifat tanpa kontak langsung, berbeda dengan aliran Kyokushin atau Daidojuku yang kontak langsung.

Beladiri karate berasal dari jepang. Secara umum, berikut urutan tingkatan sabuk karate yang kerap digunakan adalah Sabuk putih, sabuk kuning, sabuk oranye, sabuk hijau, sabuk biru, sabuk cokelat, sabuk hitam. Sementara itu karate masuk di Indonesia dan mulai berkembang pada tahun 1963, bukan dibawa oleh tentara Jepang melainkan oleh mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang kembali ke tanah air setelah menyelesaikan pendidikan mereka di Jepang.

Kesimpulan: Mungkin ini saja yang dapat admin sampaikan dalam artikel yang berjudul sejarah karate di dunia. Untuk pembahasan tentang materi karate lainya akan dilanjutkan di artikel artikel berikutnya. Terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel berikutnya.


Post a Comment for " Sejarah Karate di Dunia"