Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEJARAH BULU TANGKIS DUNIA

Salam Olahraga,
Bagi pencinta olahraga bulu tangkis kali ini admin akan membahas sejarah perkembangan bulu tangkis dunia. Ada dua penpadat yang beredar mengenai asal mula permainan bulu tangkis yakni di mesir kuno ( sekitar 2000 tahun yang lalu ) dan dari daratan tionghoa. Di daratan tionghoa atau republik rakyat tionghoa, bulu tangkis berasal dari permainan rakyat setempat yang bernama Jianzi. Namun pada permainan jianzi tidak menggunakan raket tetapi hanya menggunakan kok ( shuttlecocok ) saja. Ada pun peraturan dasar dari permainan jianzi ini sama halnya dengan aturan permainan bulu tangkis saat ini yakni menjaga agar kok tidak jatuh menyentuh tanah atau lantai.

Bulu tangkis atau yang sekarang lebih dikenal dunia  dengan sebutan badminton mulai berkembang dan di kenal oleh masyarakat dunia pada abad ke-17. Kata badminto sendiri berasal dari sebuah nama tempat atau lebih tepatnya nama istana yang terletak di Gloucester-shire sekitar 200 kilometer sebelah barat kota London, Inggris yaitu badminton house. Mereka adalah keluarga Duke of Beafout merupakan pemilik istana ini, keluarga ini sering mengadakan perlombaan yang sama dengan permainan battledore and shuttlecock yang berada di masyrakat Inggris pada umumnya. Kemudian anak-anak  dari keluarga Duke of Beafout melakukan sedikit perubahan pada permainan ini, yaitu dengan memasang sebuah tali di tengah-tengah lapangan antara area permainan kedua pemain yang bertanding. Tali inilah yang menjadi cikal bagal terciptanya net dalam permainan bulu tangkis.

Pada tahun 1934 di bentuklah organisasi olahraga yang bernama Internasional Badminton Federation ( IBF ). Negara yang berpatisipasi didalamnya adalah Skotlandia, Inggris, Irlandia, Denmark, Wales, Selandia Baru, Kanada, Belanda dan prancis sebagai pelopornya. Kemudian pada tahun 1936 selang dua tahun India bergabung sebagai afiliat. Saat pertemuan Extraordinary General Metting di Madrid, Spamyol pada September 2006, ada yang mengusulkan perubahan nama induk organisasi  bulu tangkis dari  Internasional Badminton  Federation ( IBF ) menjadi Badminton World Federation ( BWF ), kemuadian usulan tersebut diterima oleh seluruh delgasi yang hadir pada waktu itu ada 206.

 Logo Induk Organisasi Bulu Tangkis Dunia

Mungkin ini saja yang dapat admin sampaikan dalam artikel yang berjudul sejarah bulu tangkis dunia. Untuk pembahasan tentang materi bulu tangkis lainnya akan dilanjutkan di artikel berikutnya. Terikasih sudah menbaca artikel tentang sejarah bulu tangkis dunia dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Post a Comment for "SEJARAH BULU TANGKIS DUNIA"