Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEJARAH SEPAK BOLA DUNIA

gibung.my.id - Sejarah sepak bola di dunia - Pada kesempatan kali ini admin akan membahas Sejarah sepak bola di dunia.

Salam Olahraga
Sejarah sepak bola secara resmi diidentifikasi oleh FIFA berasal dari negeri Tirai Bambu / Cina pada masa Dinasti Han, yaitu pada abab ke-2 sebelum masehi. Permainan sepak bola pada zaman tersebut berbeda jauh dengan sepak bola saat ini. Sepak bola pertama kali dimainkan dengan menggunakan bola yang terbuat dari kulit.
Selain tenar di Cina, sepak bola juga menjadi bagian dari warga Jepang yang menyebut permainan menggiring bola dari kulit kijang dengan sebutan “Kemari”. Permainan semacam inipun ditemukan di Negara-Negara seperti Mesir Kuno, Romawi, Inggris, Meksiko hingga ke Amerika Tengah yang mulai membuat bola dari karet. Sejarah penting terjadi di Inggris, Raja Edward II sempat melarang olahraga ini karena banyak tindakan kekerasan dan mengarah pada aksi brutal tanpa aturan yang jelas, hingga pada tahun 1369 Raja Edward II mencabut larangan tersebut dan mengijinkan permainan sepak bola namun lambat laun permainan ini kembali dilarang oleh Ratu Elizabeth I pada tahun 1572. Tidak tanggung-tanggung, Sang Ratu bahkan memberi sanksi berupa penjara bagi rakyatnya yang nekad bermain sepak bola. Pada akhirnya tahun 1680 Raja Charles II mencabut larangan tersebut dan memberikan perlingdungan bagi siapapun yang ingin bermain sepak bola di tanah Inggris.
Perkembangan sepak bola dunia semakin meningkat dari tahun ke tahun, sepak bola modern sudah mulai dimainkan di area kampus ternama seperti Havard, Cambrigde, Amherst dan lain-lain pada tahun 1820. Peraturan sepak bola sendiri mulai di diskusikan pertama kali pada tahun 1848 di Universitas Cambrigde. Tercatat beberapa peristiwa penting sebelum terbentuknya badan yang menaungi sepak bola dunia, diantaranya :
Tahun 1863 : Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA)
Tahun 1885 : Adanya pertandingan di luar Inggris yaitu Kanada vs Amerika
Tahun 1886 : Diadakan rapat pertama untuk membahas pembentukan Asosiasi Sepak Bola Dunia
Tahun 1888 : Mulai ada wasit yang memegang penuh kendali suatu pertandingan dan tendangan pinalti mulai berlaku
Tahun 1904 : FIFA dibentuk dengan anggota Prancis, Belgia, Belanda, Spanyol, Swiss dan Swedia.
FIFA (Federation Internationale de Football Association) akhirnya lahir pada tahun 1904 untuk memajukan sepak bola dunia. FIFA memiliki slogan “ For The Game, For The World”, yang pada intinya permainan ini akan menjadi pemersatu antar bangsa setelah terjadi perang dunia. Markas FIFA berada di Zurich, Swiss tempat dimana teman-teman menyaksikan kegiatan yang dilakukan oleh FIFA seperti pengundian Liga Champion, penobatan pemain terbaik dan lain-lain. Tugas yang diemban FIFA diantaranya mempromosikan sepak bola, mengatur transfer pemain antar tim, memberikan gelar pemain terbaik dunia dan menerbitkan daftar Peringkat Dunia FIFA setiap bulannya.
Sejarah sepak bola dunia berlanjut ketika pada tahun 1908 sepak bola mulai menjadi olahraga dalam olimpiade dan mengadakan kejuaraan dunia pertama / piala dunia di Uruguay pada tahun 1930. Ini merupakan bagian dari keberhasilan sepak bola sebagai hiburan rakyatyang akhirnya menjadi sebuah olahraga paling digemari di dunia. FIFA sendiri saat ini menaungin beberapa badan asosiasi regional yang terdiri dari beberapa Negara, berikuit ini daftarnya :
UEFA (Union of European Football Associations) : merupakan asosiasi sepak bola untuk Negara-negara eropa.
CONCACAF (The Confederation of Nort, Central American and Caribbean Association Football) : Merupakan asosiasi sepak bola untuk Negara Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia.
CONMEBOL (Confederacion Sudamericana de Futbol) : Merupakan asosiasi sepak bola untuk Negara-negara Amerika Selatan.
AFC ( The Asian Football Confederation) : Merupakan asosiasi sepak bola untuk Negara-negara Asia.
CAF (Confederation of African football) : Merupakan asosiasi sepak bola untuk Negara Afrika.
OFC (Oceania Football Confederation) : Merupakan asosiasi sepak bola untuk Negara Oceania.
SEJARAH SEPAK BOLA DUNIA

sumber : Wikipedia

Post a Comment for "SEJARAH SEPAK BOLA DUNIA"