Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TEKNIK KUDA-KUDA PENCAK SILAT


Salam olahraga,
TEKNIK KUDA-KUDA PENCAK SILAT - Bagi para pecinta olahraga bela diri pencak silat kali ini admin akan membahas teknik dasar pencak silat. Dalam Tekhnik Pencat silat terdapat beberapa gerakan yang perlu dikuasai oleh seorang pesilat. 

Secara umum, ada 9 aspek teknik dasar pencak silat yang harus dipahami oleh siapapun yang hendak menekuni seni beladiri ini. Aspek-aspek tersebut antara lain: Kuda-kuda, Sikap Pasang, Arah, Pola Langkah, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, Guntingan dan Kuncian Berikut ini penjelasannya:

KUDA-KUDA
Teknik kuda-kuda pada bela diri pencak silat terdiri dari enam posisi yaitu:

1. Kuda-kuda Tengah

Kuda-kuda ini dilakukan dengan membuka dan menekuk kedua lutut dengan tumpuan berat bedan berada di tengah.
 
Teknik Kuda-Kuda Tengah

2. Kuda-Kuda Depan

Dibentuk dengan posisi kaki bagian depan ditekuk dengan telapak kaki lurus mengarah ke depan dan kaki yang belakang lurus, kuda-kuda ini menumpukan berat badan di kaki depan. 

Teknik Kuda-Kuda Depan

 3. Kuda-Kuda Belakang

Ada dua versi untuk kuda-kuda jenis ini, yang pertama yakni posisi sama dengan kuda-kuda depan hanya saja kaki yang ditekuk dan tumpuan dipindah ke kaki belakang.
Jenis yang kedua adalah menaruh berat badan pada kaki belakang dengan tumit tumpuan tegak dengan panggul, badan cenderung condong ke depan dan kaki depan jinjit dengan menapakkan tumit atau ujung kaki.
 Teknik Kuda-Kuda Belakang

4. Kuda-Kuda Samping

Sama halnya dengan kuda-kuda depan, kuda-kuda ini dilakukan dengan menekuk satu kaki dan kaki yang lain lurus mengarah ke samping. Tumpuan berat badan diletakkan di kaki yang ditekuk dan bahu segaris atau sejajar dengan kaki. 
 Teknik Kuda-Kuda Samping
5. Kuda-Kuda Silang Depan
Kuda-kuda silang depan dibentuk dengan menginjakkan satu kaki ke depan atau kebelakang kaki yang lain, berat badan ditumpukan pada satu kaki, kaki yang lain ringan sentuhan dengan ibu atau ujung jari kaki. 
 Teknik Kuda-Kuda Silang Depan

6. Kuda-Kuda Silang Belakang
Kuda-kuda silang belakang yakni kuda-kuda dengan salah satu kaki berada di belakang dengan keadaan menyilang dan kaki di tumpukan ke belakang, badan tetap lurus agar tidak jatuh saat melakukan gerakan tersebut. 
 Teknik Kuda-Kuda Silang Belakang


Mungkin ini saja yang dapat admin sampaikan dalam artikel yang berjudul teknik dasar kuda-kuda bela diri pencak silat. Untuk pembahasan tentang materi pencak silat lainya akan dilanjutkan di artikel artikel berikutnya. terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel berikutnya

 

Post a Comment for "TEKNIK KUDA-KUDA PENCAK SILAT"