Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEJARAH BOLA BASKET INDONESIA



Permainan bola basket adalah olahraga permainan bola besar berkelompok yang terdiri atas dua tim yang beranggotakan masing-masing lima orang dan saling bertanding untuk mencetak poin dengan memasukan bola kedalam keranjang.  Bola basket adalah salah satu olahraga yang  paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk dibelahan bumi lainnya, antara lain di Amerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania dan  juga Indonesia.
Permainan bola basket mempunyai sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Awalnya dimulai dengan masuknya perantau-perantau dari negara Cina ke Indonesiapada tahun 1920-an. Para perantau Cina membawa permainan bola basket yang sudah lebih dulu berkembang di negara Cina, mereka membentuk komunitas sendiri termasuk mendirikan sebuah sekolahyang bernama sekolah Tionghoa. Pada sekolah tersebut permainan bola basket menjadi olahraga wajib yang harus dimainkan oleh setiap siswa yang belajar disana.
Sejarah berkata sejak tahun 1930-an, walaupun Indonesia belum resmi menjadi sebuah negara yang berdeka, beberapa kota di Indonesia sudah memiliki klub-klub bola basket lokal. Setelah proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 olahraga permainan bola basket mulai dikenal luas di kota-kota yang menjadi basis perjuaangan seperti Yogyakarta serta Solo. Walaupun belum memiliki induk olahraga nasional, namun pada saat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama yang diadakan di Solo pada tahun 1948 permainan bola basket telah dimainkan untuk pertama kalinya ditingkat nasional serta mendapat sambutan yang cukup meriah, baik dari segi pemain maupun penontonya.
Kemudian tiga tahun selanjutnya, pada tanggal 23 oktober 1951 dibentuklah Persatuan Basketball Seluruh Indonesia (PBSI). PBSI mulai diterima menjadi anggota FIBA (The International Basketball Federation) pada tahun 1953 kemudian pada tahun 1955 adanya penyempurnaan nama sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia maka organisasi bola basket tersebut diganti nama menjadi “Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) dan setahun setelahnya untuk pertama kalinya Indonesia ikut serta dalam ajang Asian Games di Manila.
BACA JUGA :TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA BASKET
Pada tanggal 3 april 1982 merupakan tanggal bersejarah bagi dunia bola basket di Indonesia karena pada hari itu, pertandingan klub Rajawali Jakarta menghadaapi Semangat Sinar Surya Yogyakarta menandai dimulainya Kompetisi Bola Basket Utama (KOBATAMA) yang pertama kalinya dan sekaligus merupakan sebagai langkah awal dari sejarah panjang kompetisi klub-klub papan atas yang ada di Indonesia. Klub bola basket Indonesia Muda Jakarta mencatatkan diri sebagai klub pertama yang meraih gelar bergengsi kejuaraan KOBATAMA.
Terakhir setelah mengalami pasang surut selama hamper 30 tahun lamanya, dalam beberapa tahun terakhir ini olahraga permainan bola basket berkembang begitu pesat. Hal ini diawali oleh penyelenggaraan Deteksi Basketball League (DBL) yang dikemas dengan sangat menarik sehingga mampu warna tersendiri dalam kompetisi tingkat pelajar di Indonesia, dan makin maraknya kompetisi tingkat pelajar ditiap-tiap daerah membuat makin tingginya persentase pertandingan ditingkat pelajar Indonesia.
Kemudian disusul dengan bangkitnya liga professional basket putra yang pada awalnya dikenal dengan nama KOBATAMA yang sekarang menjadi National Basketball League (NBL) Indonesia dan juga liga professional basket putri yang sekarang dikenal dengan Women’s National Basketball League (WNBL). Namun tidak lupa juga kompetisi regular dari PERBASI yang masih rutin diadakan, baik tingkat kejurnas kelompok umur, antar klub, antar Pengprov, Libamanas dan sebagainya kian membuat suasana kompetisi bola basket di Indonesia tetap terjaga kemeriahannya.


Post a Comment for "SEJARAH BOLA BASKET INDONESIA"