Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peraturan Pertandingan dan Ukuran Lapangan Judo Lengkap

gibung.my.id - Peraturan Pertandingan Judo - Bagi para pecinta olahraga beladiri judo kali ini admin akan membahas peraturan pertandingan judo. Untuk tata cara pertandingan judo akan di bahas di bawah ini.

Peraturan Pertandingan Judo

Adapun peraturan peraturan dalam olahraga beladiri judo antara lain sebagai berikut.

1.    Peraturan Kelas Pertandingan

Peraturan pertandingan judo dapat diadakan secara perorangan dan juga beregu. Beberapa kompetisi membagi Peraturan pertandingan menjadi 3 kategori, yaitu berdasarkan berat tubuh, berdasarkan tingkatan, dan berdasarkan  umur. Namun ada juga yang tidak mengenal pembagian apapun.

2.    Durasi Pertandingan

Dalam setiap pertandingan judo biasanya dilangsungkan selama 3 hingga 20 menit.

3.    Menentukan Pemenang

Pemenang ditentukan dengan jalan judoka (Pejudo) yang memperoleh nilai tertinggi. Perolehan nilai yaitu jika seorang judoka dapat membanting atau mengkunci lawan. Jika setelah waktu yang ditentukan  habis pemain dengan nilai lebih tinggi yang menjadi pemenangnya.

Sistem penilaian dalam pertandingan judo adalah sebagai berikut:

Satu angka (ippon) dapat diperoleh dengan cara:

  • Bantingan (nage waza): yaitu jika pejudo berhasil mengungguli teknik lawan dengan mampu membantingnya menggunakan tenaga maupun kecepatannya dengan punggung membentur lantai terlebih dahulu.
  • Kuncian (katame waza): yaitu jika ketika pejudo berhasil mengunci lawannya hingga sang lawan menyatakan menyerah “Aku menyerah!” (maitta), atau lawan menepuk lantai dua kali dengan      tangan atau kaki, pingsan. Atau ketika berhasil mengunci lawan selama paling sedikit 30 detik     (osae waza) dan wasit mengumumkan bahwa pertandingan berakhir (osae komi)

Setengah angka (waza ari) dapat diperoleh dengan cara:

  • Bantingan: Jika teknik judoka cukup bagus namun tidak sampai layak untuk menerima angka penuh.
  • Kuncian: Jika judoka berhasil mengunci lawannya selama paling tidak 25 detik.

Jika jumlah nilai yang diperoleh kedua judoka sama, biasanya akan ditentukan dengan cara pemungutan suara dari kedua hakim sudut dan juri (dengan total tiga suara).

4.    Larangan Dalam Pertandingan Judo

Secara umum berikut ini beberapa larangan bagi para pejudo yang wajib dihindari ketika sedang bertarung dalam pertandingan:

  • Melepas ikat pinggang lawan tanpa izin juri.
  • Menggigit seragam lawan.
  • Menyentuh wajah lawan.
  • Menarik rambut lawan.
  • Mencoba mematahkan jari lawan.
  • Menendang tangan lawan.
  • Dan apapun yang membahayakan lawan.

 Gambar dan Ukuran Lapangan Judo

Dalam setiap pertandingan judo, para Judoka dan wasit akan berada di atas karpet atau matras (tatami) berbentuk segi empat (belah ketupat) dengan sisi 14,55 meter atau sepanjang 8 tatami yang dijajarkan. Selain dialasi matras, kebanyakan dojo judo sekarang menggunakan pegas di bawah lantai palsu, untuk menahan benturan akibat bantingan.

Peraturan Pertandingan dan Ukuran Lapangan Judo
Ukuran Lapangan Judo

 Sebagaimana olahraga lain yang diselenggarakan dengan penuh tata krama dan sopan. Kedua judoka membungkuk memberi hormat satu sama lain pada awal dan akhir pertandingan.

Awal pertandingan
Judoka menghadap satu sama lain, meluruskan telapak kaki mereka di belakang garis masing-masing di tengah-tengah arena dan berdiri tegak lurus. Lalu mereka saling membungkuk pada saat yang sama. Kemudian mereka maju satu langkah, diawali dengan kaki kiri, dan berdiri dengan posisi kuda-kuda alami (shizen hon tai). Sang juri atau wasit lalu berkata "Mulai" (Hajime) dan pertandingan pun dimulai.

Akhir pertandingan
Kedua judoka kembali dalam posisi kuda-kuda alami dan menghadap satu sama lain satu langkah di depan garis mereka masing-masing. Juri kemudian mengumumkan hasil pertandingan, dan kedua kontestan mundur selangkah ke belakang garis dimulai dengan kaki kanan. Mereka lalu membungkuk lagi dan keluar dari arena.

Tingkatan sabuk judo dapat anda cek DISINI

Judogi merupakan baju yang biasa digunakan untuk seni beladiri Judo. Pakaian untuk judo secara umum terdiri dari tiga jenis yaitu umagi (baju), shitabaki (celana) dan obi (sabuk).

Kesimpulan: Mungkin ini saja yang dapat admin sampaikan dalam artikel yang berjudul peraturan pertandingan judo. Untuk pembahasan tentang materi judo lainya akan dilanjutkan di artikel artikel berikutnya. terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel berikutnya

Post a Comment for " Peraturan Pertandingan dan Ukuran Lapangan Judo Lengkap"