Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEJARAH BOLA VOLI INDONESIA

Salam olahraga,
Bagi pencinta olahraga permainan bola voli kali ini admin akan membahas sejarah permainan bola voli di Indonesia. Sejarah perkembangan permainan bola voli di Indonesia di mulai pada tahun 1982pada saat zaman penjajahan Belanda. Guru-guru pendidikan jasmani  olahraga didatangkan dari negara Belanda untuk mengembangkan olahraga pada umumnya khususnya permainan bola voli. Namun disamping guru-guru pendidikan jasmani olahraga tersebut, tentara belanda juga turut andil dalam pengembangan permainan bola voli di Indonesia ini, dengan bermain di asrama-asrama, lapangan terbuka, dan mengadakan pertandingan antar kompeni-kompeni.

Perkembangan permainan bola voli di Indonesia berkembang sangat pesat di seluruh lapisan masyarakat Indonesia sehingga timbul klub-klub di kota besar di seluruh Indonesia. Dengan dasar itulah maka pada tanggal 22 Januari 1955 PBVSI ( Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia ) didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional yang pertama. Sejak saat itu PBVSI aktif dan mengembangkan kegiatan-kegiatan, baik kedalam maupun keluar negeri sampai sekarang. Perkembangan permainan bola voli sangat menonjol saat menjelang Asian Games IV 1962 dan Ganefo I 1963 di Jakarta. Pertandingan bola voli masuk acara resmi di Yogyakarta dalam PON I pada tahun 1951 dan PON II di Jakarta pada tahun 1952.

Setelah tahun 1962 perkembangan permainan bola voli seperti rerumputan yang tumbuh dimusim hujan banyak klub-klub bola voli di seluruh pelosok tanah air dari sabang sampai merauke. Hal ini terbukti pula dengan data-data peserta pertandingan dalam kejuaraan nasional PON dan pesta-pesta olahraga lain, dimana angka menunjukan peningkatan jumlahnya. Boleh dikatakan sampai saat ini permainan bola voli di Indonesia menduduki tempat ketiga setelah sepak bola dan bulu tangkis. Untuk pertama kalinya dalam sejarah perbolavolian di Indonesia, PBVSI telah dapat mengirimkan tim bola voli yunior Indonesia ke kejuaraan dunia di Athena Yunani yang berlangsung dari tanggal 3 samapai 12 september 1989.


Logo Induk Organisasi Bola Voli Indonesia
Mungkin ini saja yang dapat admin sampaikan dalam artikel yang berjudul sejarah perkembangan bola voli di Indonesia. Untuk pembahasan tentang materi bola voli lainya akan dilanjutkan di artikel artikel berikutnya. Terimakasih sudah membaca artikel tentang sejarah bola voli ini. sampai jumpa di artikel berikutnya

 

Post a Comment for "SEJARAH BOLA VOLI INDONESIA"