Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEJARAH BOLA VOLI DUNIA

Salam olahraga
Bagi pencinta olahraga bola voli kali ini admin akan membahas sejarah bola voli dunia. Penemu permainan bola voli pertama kali di temukan oleh William G. Morgan di Lockport, New York. Pada tahun 1891 Morgan masuk Mt. Hermon Preparatory School di Northfield, Massachusetts dan di sanalah dia mulai menjalin persahabatan dengan James A. Naismith pencipta olah raga permainan bola basket. Inilah nantinya yang membuat permainan bola voli sangat berhubungan erat dengan sejarah pencipta permainan bola basket.
Sebagai seorang lulusan Springfield College of YMCA. Morgan kemudian menciptakan olahraga baru yang dikenal dengan nama mintonette yang dimana saat ini kita kenal dengan permainan bola voli. Morgan mendedikasikan dirinya sebagai instruktur pendidikan jasmani. Dalam menciptakan olahraga mintonette, Morgan memerlukan waktu kurang lebih empat tahun dengan mengkombinasikan beragam jenis permainan olahraga.
pada tahun 1896 mintonette berubah menjadi permainan volley ball saat terselenggaranya presentasi pertandingan perdanadi International YMCA Traning School. Pada saat itulah permainan bola voli di perkenalkan pertama kali oleh William G. Morgan sehinggga bisa dikenal luas hingga sampai sekarang ini. Beliau mendemontrasikan permainan olahraga tersebut di stadion kampus yang baru saja di bangun.
Mulai saat itulah mintonette berubah nama menjadi permainan volley ball. Namun tak selang lama pada suatu konferensi seorang profesor dari Universitas Springfield yang bernama Dr. Alfred Halstead mengusulkan perubahan nama dari mintonette menjadi permainan volley ball dan akhirnya disetujui oleh peserta konferensi tersebut. Oleh karena permainan bola voli berkembang sangat pesat. YMCA mulai menyelenggarakan kejuaraan bola voli secara rutin dalam lingkup nasianal dan internasional. selanjutnya permainan bola voli dengan cepat akhirnya di kenal di seluruh penjuru dunia. Pertandingan bola voli pertama kalinya diselenggarakan di Polandia pada tahun 1974 dengan antusias peserta yang cukup besar baik dari segi peserta pertandingan dan penonton atau seporter yang ingin menyaksikan pertandingan tersebut.
Untuk menaungi kegiatan permainan bola voli tersebut dalam lingkup internasional didirikan sebuah Federasi Bola Internasional atau dikenal dengan nama Internasional Volley Ball Federation ( IVBF ) pada tahun 1984 dengan 15 anggota negara dan berkedudukan di Paris, Prancis. Yang sekarang dikenal dengan nama Federation Internationale De Volleyball ( FIVB ).
Demikian sejarah bola voli dunia yang bisa admin terapkan, semaga bermanfaat bagi kita semua.


Logo Induk Organisasi Bola Voli Dunia

Post a Comment for "SEJARAH BOLA VOLI DUNIA"